Hero 7 Pic via GoPro

20 September kemarin (waktu Indonesia), GoPro telah mengumumkan produk unggulan terbarunya yaitu GoPro Hero 7 Black bersama 2 model Hero 7 lainnya yang akan melengkapi jajaran kamera keluaran perusahaan tersebut.

Hero 7 Black akan menggantikan seniornya yaitu Hero 6 Black yang sudah tidak diproduksi lagi. Hero 7 Black datang dengan fitur image stablisation terbarunya yang mereka beri nama Hypersmooth. Nick Woodman (GoPro Founder) mengatakan bahwa ini adalah stabilisasi terbaik yang pernah ada di dalam kamera.

Hero 7 Black juga membawa beberapa fitur lainnya, termasuk memperbaiki kualitas suara, live-streaming ke beberapa aplikasi seperti Facebook, dan mode timelapse terbaru yang mereka beri nama Timewarp. 

Adiknya, Hero 7 Silver, merupakan versi terbaru dari Hero 7 yang lebih rendah secara spesifikasi dari Hero 7 Black. Seri silver ini memiliki kemampuan maksimum 4K/30fps dalam merekam video dan sangat mirip spesifikasinya dengan GoPro Hero 5 Black. Dan yang terakhir, GoPro membuat Hero 7 White untuk menggantikan Hero (2018) dengan kemampuan merekam FHD 1080p.

Lalu apalagi yang perlu kalian tahu dari Hero 7 Black dan saudara-saudaranya? Berikut penjabarannya:

Penampakan Hero 7 Black.
Pic via ini

Kapan Hero 7 Black akan rilis, berapa harganya dan dimana bisa membelinya?

Kalian bisa melakukan pre-order Hero 7 Black sejak hari ini dengan harga £379 menjelang ketersediaanya secara internasional pada 27 September. Harga tersebut lebih murah £20 dibandingkan harga Hero 6 Black saat pertama kali keluar. Dan secara signifikan lebih murah dari harga permintaan terakhirnya yang mencapai £499.

Harga untuk saudara-saudaranya pun lebih murah. Hero 7 Silver dibanderol dengan harga £279 dan Hero 7 White hanya £179, yang membuatnya lebih murah £20 dibandingkan dengan harga Hero 5 Session yang kini sudah berusia 2 tahun. Hal tersebut membuat Hero 7 White menjadi salah satu kamera GoPro dengan harga paling terjangkau yang pernah ada.

GoPro juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah menghentikan produksi dari model sebelumnya. Hal tersebut berarti Hero 6 Black sudah tidak lagi akan diproduksi bersamaan dengan Hero 5 Black dan Hero (2018).

Seperti apa bentuk Hero 7 dan fitur-fitur apa saja yang dimilikinya?

Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar, Hero 7 Black dari luar terlihat sedikit lebih besar dari pendahulunya. Secara hardware, perbedaan yang benar-benar nyata hanya terdapat pada warna hitam barunya dan membran terbaru untuk microphone-nya. Membran baru tersebut membuat Hero 7 Black memiliki bass yang lebih alami dan lebih baik.

Hypersmooth
pic via ini

Ada sekitar 5 fitur terbaru dari Hero 7 Black bila dibandingkan dengan Hero 6 Black. Yang pertama adalah Hypersmooth Stabilisation. Ini merupakan versi canggih dari stabilisasi gambar elektronik yang kita lihat pada Hero 6 Black dan kini fitur tersebut bekerja juga pada mode 4K/60fps. Stablisasi ini masih stabilisasi secara digital dan bukan optik. GoPro menganggap bahwa sangat memungkinkan untuk mengambil video seperti menggunakan gimbal dengan tanpa perlu berpusing-pusing dengan kerumitan yang ada pada gimbalnya seperti yang ada pada Karma Grip. 

Hal selanjutnya adalah Timewarp. ini merupakan mode terbaru dari timelapse yang dibuat oleh GoPro. Timewarp mirip dengan timelapse biasa, dimana kamera masih mengambil beberapa gambar dalam interval tertentu dan memainkannya kembali untuk memberi kesan bahwa sebuah pemandangan dimainkan dalam mode yang dipercepat. Namun kali ini, GoPro menambahkan stablisasi yang lebih halus untuk membuat mode first-person yang bisa digunakan ketika mengendarai motor atau sepeda.

Hero 7 Black juga merupakan seri GoPro pertama yang bisa livestream. Jadi kalian kini bisa membagikan secara langsung video yang kalian rekam ke Facebook, Twitch, YouTube dan Vimeo dan beberapa platform lainnya yang nanti akan menyusul dalam pembaruan selanjutnya.

Hero 7 Black
pic via ini

Dan 2 fitur terbaru lainnya adalah Superphoto dan tampilan baru pada menu-menu di layarnya. Superphoto adalah upaya GoPro untuk mereplikasi mode intelligent auto seperti yang terdapat pada ponsel cerdas seperti Huawei P20 Pro, yang secara otomatis dapat mengenali scene dan mengaplikasikan pengaturan kamera terbaik untuk scene tersebut. Sebagai tambahan, GoPro mengatakan baha GoPro Hero 7 Black bisa mendeteksi wajah dan senyuman.

Perubahan pada tampilan layar relatif kecil. Salah satu yang cukup anyar adalah hadirnya tombol short clips untuk membatasi pengambilan video hanya 15-30 detik.

Spesifikasi apa saja yang akan dimiliki oleh Hero 7 Black?

Disamping perubahan pada fitur-fiturnya, spec Hero 7 Black tidak berubah jauh dari pendahulunya. Hero 7 Black menggunakan sensor dan lensa yang berukuran sama dan merekam video dengan bit-rate yang mirip.

Hero 7 Black juga bisa mengambil foto 12 megapixel (HDR dan RAW), waterproof hingga kedapaman 10 meter, dan dapat merekam slow motion dengan 120fps dan 240fps.

Inilah Hero 7 Black bila dibandingkan dengan saudara-saudaranya:

Line Up Hero 7
Pic via ini

 GoPro Hero 7 BlackGoPro Hero 7 SilverGoPro Hero 7 White
Maksimal Resolusi Video4K/60fps4K/30fps1080p/60fps
Still Photos12-megapixel (HDR)10-megapixel (WDR)10-megapixel
Kecepatan Slo-mo8x2x2x
Waterproofing10 Meter10 Meter10 Meter
Pengendali suaraYaYaYa
Removable BatteryYaTidakTidak
GP1 ProcessorYa TidakTidak
Fitur SpesialHypersmooth, TimeWarp, Livestreaming, GPS, QuikstoriesGPS, QuikstoriesQuikstories
Harga£379£279£179

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here