7nm
Prosesor 7nm iPhone, sumber: https://www.researchsnipers.com/

Beberapa Hari yang lalu pada acara Apple Special Event, Apple resmi mengumumkan line-up terbaru dari produk andalan mereka. Produk tersebut terdiri atas tiga Buah iPhone baru yaitu iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr selain itu Apple Watch Series 4 juga resmi diperkenalkan. Hal lain yang menarik pada acara ini adalah penggunaan prosesor baru yaitu A12 Bionic pada semua iPhone yang diluncurkan.

7nm
Prosesor 7nm iPhone, sumber: https://www.researchsnipers.com/

Prosesor ini memiliki desain manufaktur 7nm yang berisikan 6.9 Milyar transistor berbeda dengan processor yang beredar secara komersial tengan desain manufaktur 10 Nanometer. Hal ini menjadikan iPhone sebagai smartphone pertama yang menggunakan processor 7nm walaupun bulan lalu Huawei telah mengumumkan akan menggunakan prosessor 7nm yang disebut Kirin 980 pada smartphone flagship milik meraka yaitu Mate 20 dan Honor Magic di maktu yang akan datang. Perlu diketahui Apple dan Huawei menggunakan TSMC (Taiwan Semi-Conductor Manufactoring Company) sementara Samsung yang dulu pernah menjadi vendor processor Apple untuk A9 di iPhone 6s baru akan memulai produksi prosessor 7nm tahun depan.

Teknologi 7nm jauh lebih canggih dibandingkan dengan prosessor yang ada saat ini dipasaran. Teknologi ini memungkinkan digunakanya berbagai spesifikasi yang berbeda-beda tergantung pada keinginan manufakturnya. Teknologi 7nm memiliki jumlah transistor yang sangat banyak sehingga pemprosesan dapat dilakukan jauh lebih cepat dan menghemat banyak waktu.

Prosesor A12
Prosesor A12 Bionic Milik Apple (Engadget)

Prosesor A12 Bionic memiliki 6 Core CPU terdiri dari 2 Core untuk performance dan 4 Core untuk Efisiensi. 2 Core performance 15% lebih tinggi dan 40% lebih efisien dari prosessor A11. Konsumsi power yang digunakan olen core Efisiensi lebih rendah 50% dari prosessor terdahulu. Neural engine pada prosessor A12 memiliki 8 core yang memungkinkan untuk melakukan 5 Triliun operasi tap detiknya dibandingkan degna A11 yang hanya memiliki 2 Core sehingga prosesor ini mampu menghandle operasi-operasi yang sangat intensif.

Neural Engine iPhone, Number:Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here