Fuchsia OS
Fuchsia OS semakin dikembangkan google

Mark Bergen dan Mark Gurman (Bloomberg), melaporkan bahwa Project OS Fuchsia saat ini sudah memiliki lebih dari 100 developer termasuk Martias Duarte yang merupakan otak utama pada google material design language pada antar muka Android. Fuchsia  dikembangkan untuk variasi device yang lebih beragam bukan hanya pada smartphone dan tablet namun juga dapat berjalan pada smart device lain seperti smart speaker dan home gadget. Selain itu fuchsia juga diharapkan dapat berjalan diatas komputer dan laptop. Fuchsia juga dikembangkan untuk interaksi berbasis suara yang jauh lebih baik dari Android.

Google sepertinya sudah semakin serius untuk meninggalkan ketergantungan dengan Oracle (teknologi berbasis JAVA). Hal ini dikarenakan fuchsia dikembangkan dari scratch dan berbeda dengan android, fuchsia tidak berjalan diatas Linux Kernel. Namun Google CEO Sundar Pichai dan deputy Hiroshi Lockheimer belum menyebut secara pasti rencana kedepan dan roadmap untuk project ini. Bisa jadi ini karena banyak perusahaan besar seperti HTC, Samsung, dan LG sangat bergantung pada Android untuk produksi smartphone yang menyebabkan transisi ke fuchsia menjadi sangat sulit. Apabila project ini berhasil, maka Google akan membuat langkah yang sangat besar dalam dunia smartphone. Google dapat melangkahi Apple dalam memberikan security update dan konsistensi performa untuk semua platform. Saat ini Flutter SDK yang digunakan untuk membuat Fuchsia mampu untuk memproduksi kode untuk digunakan membuat aplikasi Android dan iOS. Selain dari sisi transisi sistem operasi, Google juga harus dapat meyakinkan stakeholders dan pengembang pihak ketiga baik dari manufaktur hardware maupun software untuk dapat beradaptasi dengan mudah dengan platform barunya.

Untuk anda yang ingin mencoba menggunakan OS Fuchsia, SlashGear bekerjasama dengan Hotfix Computer Repair menyediakan APK (Android Package Kit) yang dapat didownload. APK tersebut berisikan launcher yang merupakan preview dari OS Fuchsia dengan codename Armadillo. Package ini dapat langsung didownload di laman HotFix berserta dengan tutorial cara penggunaan. Perlu diketahui bahwa pengembangan Fuchsia masih dalam tahap yang sangat awal dan bersifat experimental.

Untuk anda yang belum tahu seperti apa itu Fuchsia dapat melihat videonya dibawah ini atau apabila tidak muncul dapat diakses pada tautan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here