Skype
https://www.skype.com/en/

Setelah lima belas tahun dari awal kemunculan, akhirnya fitur rekam percakapan hadir di Skype. Walaupun banyak aplikasi serupa skype yang lebih dulu memiliki fitur ini namun hadirnya fitur ini selalu ditunggu. Saat ini Skype masih banyak digunakan pada level korporasi untuk melakukan panggilan video dan suara.

Berdasarkan wikipedia.org Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara [1] . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost(P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Berdasarkan dari laporan yang ada fitur ini akan diluncurkan dengan dukungan sistem berbasis cloud. Sistem tersebut akan digunakan untuk meyimpan hasil perekaman video dan screen sharing pada saat melakukan panggilan.

“Semua perekaman akan dilakukan pada sistem berbasis cloud, dan notifikasi perekaman akan dikirimkan ke semua orang yang ada dalam percakapan panggilan sesaat perekaman dimulai”, Perwakilan microsoft menyatakan pada media the verge. “Perekaman panggilan akan mengkombinasikan semua video call dan screen sharing”.

Karena implementasi perekaman yang berbasis cloud memungkinkan fitur ini akan berjalan pada semua platform yaitu Windows, Mac, Linux, iOS, dan Android. Aplikasi desktop juga akan sagera tersedia dengan antar muka yang mirip dengan tampilan antarmuka pada aplikasi mobile. Microsoft akan mulai meluncurkan fitur ini diakhir bulan juli walaupun belum ada tanggal pasti dari peluncuran fitur tersebut. Walaupun sebagian besar resano yang ada adalah positif, namun ada kekhawatiran dari beberapa pihak karena mungkin microsoft akan mengenakan biaya untuk pengguan media penyimpanan berbasis cloud.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here