MEGA

Hai, pada kesempatan kali ini Iptek Biz ingin memberi tahu kalian mengenai cara untuk melakukan instalasi MEGA Client pada Kali Linux Rolling. Sebelumnya sudah pada tahu belum sih MEGA itu aplikasi apa? Kalau belum, Iptek Biz coba jelaskan terlebih dahulu ya.

MEGA merupakan sebuah perusahaan cloud hosting dan file hosting yang berbasis di Selandia baru. Perusahaan ini didirikan sekitar tahun 2013 oleh seorang pria kelahiran Jerman bernama Kim Dotcom. MEGA menyediakan media penyimpanan sebesar 50 GB secara gratis dan penyimpanan hingga 4 TB untuk versi berbayarnya. Gimana, asyik kan kamu bisa mendapat media penyimpanan secara gratis sebesar 50 GB dan bisa diakses dari mana aja? Kemudahan untuk menyimpan dan mengakses file inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari MEGA.

Untuk semakin memudahkan penggunanya, MEGA menyediakan sebuah aplikasi desktop yang bisa terhubung langsung dengan drive cloud milik mereka. Jadi file dan folder yang ada di komputer kamu bisa tersinkronisasi dengan storage mereka secara otomatis. Untuk keamanan transfer datanya pun kalian tidak perlu khawatir karena MEGA sudah menggunakan jalur yang terenkripsi untuk mengamankan proses pertukaran data.

MEGA Desktop Client atau yang biasa dikenal dengan MEGASync tersedia untuk beberapa varian Linux seperti Ubuntu, Debian, OpenSUSE, CentOS, dan lainnya. Aplikasi MEGASync ini mirip seperti aplikasi Dropbox yang ada pada Nautilus.

Nah, tanpa berlam-lama lagi, berikut ini cara untuk melakukan instalasi aplikasi MEGASync pada Kali Linux Rolling:

  1. Download Aplikasi MEGASync pada link INI lalu pilih varian Linux OS yang kalian inginkan. Karena kali ini kita ingin melakukannya pada Kali Linux Rolling, maka pilih Debian 9.0 :
    Download Aplikasi MEGASync

    Pop Up Menu untuk Download MEGASync
  2. Setelah berhasil di Download, install dengan cara menjalankan perintah berikut:
    dpkg -i megasync-Debian_9.0_amd64.deb

    Instalasi MEGASync dengan command line dan berakhir dengan kegagalan
  3. Jika mendapatkan masalah seperti di atas, tidak perlu khawatir. Hal itu disebabkan karena belum tersedianya beberapa paket. Jalankan perintah berikut guna membuat instalasi MEGASync berhasil:
    apt -f install

    Instalasi beberapa paket yang kurang
  4. Kalau sudah, ketik MEGA pada search bar dan klik ikon Mega untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya:

    Pilih MEGASync
  5. Kalian akan diminta untuk Login guna menyempurnakan proses ini. Kalau kamu belum mempunyai akun, Pilih Create Account dan buatlah akun terlebih dahulu. Kalau sudah memiliki akun, pilih Login dan setelah itu masukkan username dan password untuk masuk:
    Pilih Create Account kalau kamu belum punya akun. Pilih Login untuk masuk ke dalam aplikasi MEGASync

    Masukkan Username dan Password
  6. Ketika berhasil Login, kalian akan diminta untuk memilih folder mana dari cloud drive yang akan disinkronisasi dengan folder yang ada di komputer lokal kalian. Untuk mudahnya, pilih saja Full Sync guna men-sinkronisasi seluruh folder:

    Pilih Full Sync guna men-sinkronisasi seluruh folder yang ada di cloud dengan folder yang ada di komputer lokal
  7. Tahapan selanjutnya, tentukan folder di komputer lokal kalian yang akan di-sinkronkan dengan cloud drive. Di Folder inilah nantinya isi cloud drive akan terhubung.

    Lokasi FOlder yang akan disinkronkan dengan Cloud Drive
  8. Saat muncul tombol FInish, berarti proses instalasi sudah selesai
    Instalasi Selesai

     

Untuk menggunakan MEGASync, masuk ke dalam Nautilus dan cari logo MEGASync pada lokasi yang sudah kalian tentukan pada proses instalasi. Cukup copy file ke dalam direktori tersebut dan file itu akan otomatis ter-upload ke cloud drive. 

Logo MEGA yang menjadi ikon dari folder yang kalian sinkronisasi dengan cloud drive

Gambar atas: Folder pada komputer lokal
Gambar bawah: FOlder pada Cloud Drive
Keduanya akan otomatis tersinkronisasi

Pada bagian ujung desktop, terdapat juga sebuah indikator MEGASync yang akan memberi info mengenai status dari aplikasi MEGASync itu sendiri dan seberapa besar storage yang sudah kalian gunakan.

Indikator MEGASync

Ya, itu tadi sedikit tutorial mengenai cara untuk melakukan instalasi MEGA Client alias MEGASync pada Sistem Operasi Kali Linux. Semoga Informasi di atas berguna untuk kalian ya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here